Alhamdulillaah..

Akhirnya Allah menetapkan waktu yang baik itu sekarang, setelah setahun kami menikah, akhirnya saya hamil.. :) Wah, senang sekali, hampir tidak percaya, dan penuh rasa syukur tentunya.

Jadi saya pengen share tanda-tanda awal kehamilan yang saya rasakan, yang saya tunggu sampai saya telat 10 hari, meskipun tanda-tanda ini tidak begitu jelas dan tidak banyak.

Okay, here we go…

1. Meskipun ini tanda-tanda tidak pasti, sebelum cek pake test pack, saya merasakan perut bawah berbeda dari biasanya, seperti lebih buncit dan terasa sangaaaat penuh (padahal ga abis makan juga sih). Dan sesekali terasa nyeri-nyeri perut yang rasanya mirip banget sama nyeri mau haid atau lagi haid. Jadi saya sempat berpikir saat itu mungkin saya mau dapet nih.

2. Sering sendawa, bawaannya ada angin terus dalam perut yang pengen dikeluarin. Hampir setiap saat, bukan hanya setelah makan.

3. Flu. Awalnya cuma ngerasa ga enak badan, lama-lama jadi flu berat, sampai susah istirahat karena terganggu flu. Saya merasa ga melakukan aktivitas yang melelahkan sih, tapi jadi flu aja, mungkin di awal kehamilan terjadi perubahan kondisi dan daya tahan tubuh kan, makanya gampang sakit. Kalo yang saya baca di artikel lain, bisa juga gejalanya cuma meriang aja.

4. Merasa badan hangat dan kepanasan. Jadi, sering ngerasa gerah dan ga tahan kalo ga mandi.. *biasanya tahan yaa..haha* Kan kalo kita lagi masa subur suhu badan kita kan lebih tinggi, nah kalo kita hamil, suhu badan ini tidak akan turun ke kondisi semula..makanya gerah.

 

Well, cuma itu. Iyah :D tapi begitulah. Setidaknya, kalau saya bandingkan dengan tanda-tanda yang pernah saya baca (saking pengen taunya gimana bedanya kalo rasanya lagi hamil), kok kayanya kompleks banget..pusing, capek, flek warna pink, muntah-muntah, dll, saya justru tidak merasakan seperti itu. So, buat yang mungkin lagi menunggu-nunggu tanda hamil, ga semua wanita memiliki tanda-tanda yang sama. Yang penting kenali perbedaan tubuh kita aja, apa yang rasanya ga biasa.

 

Pertama kali tau positif, itu adalah waktu kehamilan umur 4 minggu, karena seminggu kemudian baru ke dokter kata dokter USG umurnya baru 5 minggu alhamdulillah. Setelah dari dokter, saya juga masih belum merasakan tanda-tanda lain, makan pun masih banyak dan lancar. Oya, sampai-sampai tadi saya ga nyangka kayanya saya udah nambah hampir 5 kg dari berat saya biasa, karena tadi pas nimbang di dokter tiba-tiba jadi segituu *0* wow. Berjalan beberapa hari saja dari check up kemaren, kira-kira hampir seminggu lah (berarti akan masuk 6 minggu), mulai ada tanda-tanda baru. Ini nih :

-  Nafsu makan hilang tiba-tiba. Yang tadinya ga ada masalah sama makan, sekarang jadi ga nafsu sama sekali. Mungkin juga ini karena pengaruh lagi flu berat jadi ga minat makan, tapi nyatanya setelah flu berangsur pulih, nafsu makan ga berubah, bahkan makan makanan kesukaan saya pun ga nafsu. Tapi karena saya tau saya lagi hamil, saya memaksakan untuk tetap makan, walaupun porsinya cuma sanggup 1/3 biasa, saya imbangi dengan ngemil buah atau apa di luar waktu makan.

- Ga bisa nyium bau-bauan yang terlalu menyengat *versi saya*, kaya misalnya bumbu-bumbuan, bau nasi goreng dan mie goreng, juga bau kulkas.

- Mulai mual dan pengen muntah (kenapa cuma pengen?karena ga sampai muntah mengeluarkan sesuatu, cuma udah kesedak-sedak gitu pengen muntah). Nih biasanya kalo sikat gigi terlalu dalem, makan makanan yg ga diminati, abis minum madu, kebanyakan minum, atau pengen muntah aja gitu..

- ‘Dada’ jadi sakit, lebih sakit daripada kalo waktu lagi dapet.

- Sakit kepala. Wah ini kalau lagi kurang istirahat, misalnya pengen tidur tapi ga tidur, bisa jadi sakit kepala langsung. Terutama waktu lagi flu, kan susah istirahat tuh, sakit kepalanya ga tahan, lagi jalan duduk tidur aja nyut-nyutan. Sempat beberapa hari saya kalo sholat ga bisa sujud. Tapi yang ini solusinya gampang; istirahat.

 

Yah, seperti itulah perkembangannya sampai saat ini sekarang saya udah jalan mau masuk minggu ke 8. Pertama kali USG check up yang tadi, hanya baru kelihatan kantong janinnya aja, janinnya belum kelihatan.. So, disuru balik lagi 2 minggu atau sebulan lagi untuk USG kembali (kata asisten dokternya, sebulan ajah, biar sekalian check up). Yaudah, saya putusin balik lagi insyaAllah sebulan lagi..hmm..sejujurnya sangat nervous, wondering apakah janinnya nanti berkembang *udah keliatan di next USG*. Tapi, saya berusaha positive thinking, berdoa, dan ber-husnuzhon kepada Allah, semoga semua berjalan dengan baik.. Dan itu bisa membuat saya lebih tenang. Walopun masi ada waktu 2 minggu lagi untuk check up, saya deg-degan dan ga sabar, hoho..

 

