Tanda Awal Kehamilan

Alhamdulillaah..

Akhirnya Allah menetapkan waktu yang baik itu sekarang, setelah setahun kami menikah, akhirnya saya hamil.. :) Wah, senang sekali, hampir tidak percaya, dan penuh rasa syukur tentunya.

Jadi saya pengen share tanda-tanda awal kehamilan yang saya rasakan, yang saya tunggu sampai saya telat 10 hari, meskipun tanda-tanda ini tidak begitu jelas dan tidak banyak.

Okay, here we go…

1. Meskipun ini tanda-tanda tidak pasti, sebelum cek pake test pack, saya merasakan perut bawah berbeda dari biasanya, seperti lebih buncit dan terasa sangaaaat penuh (padahal ga abis makan juga sih). Dan sesekali terasa nyeri-nyeri perut yang rasanya mirip banget sama nyeri mau haid atau lagi haid. Jadi saya sempat berpikir saat itu mungkin saya mau dapet nih.

2. Sering sendawa, bawaannya ada angin terus dalam perut yang pengen dikeluarin. Hampir setiap saat, bukan hanya setelah makan.

3. Flu. Awalnya cuma ngerasa ga enak badan, lama-lama jadi flu berat, sampai susah istirahat karena terganggu flu. Saya merasa ga melakukan aktivitas yang melelahkan sih, tapi jadi flu aja, mungkin di awal kehamilan terjadi perubahan kondisi dan daya tahan tubuh kan, makanya gampang sakit. Kalo yang saya baca di artikel lain, bisa juga gejalanya cuma meriang aja.

4. Merasa badan hangat dan kepanasan. Jadi, sering ngerasa gerah dan ga tahan kalo ga mandi.. *biasanya tahan yaa..haha* Kan kalo kita lagi masa subur suhu badan kita kan lebih tinggi, nah kalo kita hamil, suhu badan ini tidak akan turun ke kondisi semula..makanya gerah.

 

Well, cuma itu. Iyah :D tapi begitulah. Setidaknya, kalau saya bandingkan dengan tanda-tanda yang pernah saya baca (saking pengen taunya gimana bedanya kalo rasanya lagi hamil), kok kayanya kompleks banget..pusing, capek, flek warna pink, muntah-muntah, dll, saya justru tidak merasakan seperti itu. So, buat yang mungkin lagi menunggu-nunggu tanda hamil, ga semua wanita memiliki tanda-tanda yang sama. Yang penting kenali perbedaan tubuh kita aja, apa yang rasanya ga biasa.

 

Pertama kali tau positif, itu adalah waktu kehamilan umur 4 minggu, karena seminggu kemudian baru ke dokter kata dokter USG umurnya baru 5 minggu alhamdulillah. Setelah dari dokter, saya juga masih belum merasakan tanda-tanda lain, makan pun masih banyak dan lancar. Oya, sampai-sampai tadi saya ga nyangka kayanya saya udah nambah hampir 5 kg dari berat saya biasa, karena tadi pas nimbang di dokter tiba-tiba jadi segituu *0* wow. Berjalan beberapa hari saja dari check up kemaren, kira-kira hampir seminggu lah (berarti akan masuk 6 minggu), mulai ada tanda-tanda baru. Ini nih :

-  Nafsu makan hilang tiba-tiba. Yang tadinya ga ada masalah sama makan, sekarang jadi ga nafsu sama sekali. Mungkin juga ini karena pengaruh lagi flu berat jadi ga minat makan, tapi nyatanya setelah flu berangsur pulih, nafsu makan ga berubah, bahkan makan makanan kesukaan saya pun ga nafsu. Tapi karena saya tau saya lagi hamil, saya memaksakan untuk tetap makan, walaupun porsinya cuma sanggup 1/3 biasa, saya imbangi dengan ngemil buah atau apa di luar waktu makan.

- Ga bisa nyium bau-bauan yang terlalu menyengat *versi saya*, kaya misalnya bumbu-bumbuan, bau nasi goreng dan mie goreng, juga bau kulkas.

- Mulai mual dan pengen muntah (kenapa cuma pengen?karena ga sampai muntah mengeluarkan sesuatu, cuma udah kesedak-sedak gitu pengen muntah). Nih biasanya kalo sikat gigi terlalu dalem, makan makanan yg ga diminati, abis minum madu, kebanyakan minum, atau pengen muntah aja gitu..

- ‘Dada’ jadi sakit, lebih sakit daripada kalo waktu lagi dapet.

- Sakit kepala. Wah ini kalau lagi kurang istirahat, misalnya pengen tidur tapi ga tidur, bisa jadi sakit kepala langsung. Terutama waktu lagi flu, kan susah istirahat tuh, sakit kepalanya ga tahan, lagi jalan duduk tidur aja nyut-nyutan. Sempat beberapa hari saya kalo sholat ga bisa sujud. Tapi yang ini solusinya gampang; istirahat.

 

Yah, seperti itulah perkembangannya sampai saat ini sekarang saya udah jalan mau masuk minggu ke 8. Pertama kali USG check up yang tadi, hanya baru kelihatan kantong janinnya aja, janinnya belum kelihatan.. So, disuru balik lagi 2 minggu atau sebulan lagi untuk USG kembali (kata asisten dokternya, sebulan ajah, biar sekalian check up). Yaudah, saya putusin balik lagi insyaAllah sebulan lagi..hmm..sejujurnya sangat nervous, wondering apakah janinnya nanti berkembang *udah keliatan di next USG*. Tapi, saya berusaha positive thinking, berdoa, dan ber-husnuzhon kepada Allah, semoga semua berjalan dengan baik.. Dan itu bisa membuat saya lebih tenang. Walopun masi ada waktu 2 minggu lagi untuk check up, saya deg-degan dan ga sabar, hoho..

 

About these ads

17 thoughts on “Tanda Awal Kehamilan

  1. Wah kaget juga bacanya walaupun sebenernya aku sudah males. Baca artikel tanda-tanda kehamilan. Tapii kali ini saya merasakan hal yg sama dengan apa yg dialamai mbak tadi. Saat ini saya juga sedang flu.. Menuju 4 hari lagi siklus haid berikutnya. Semoga harapan kami terkabul, Bι̥sɑ☺ juga merasakan sebagai bumil karena sudah setahun, 1bulan kami menantikan si buah hati. Semoga Tuhan izinkan semua ini terjadi. Amin3x.

  2. Saya jg lg brharap dpt momongn nih.. kmrn ad flek sdkt pdhl tlat 1 hr. Sya kira haid trnyta brhnti. Hrpan dlm ht sih mdh2n Allah memberi rezeki berupa anak. Soalnya suami udah kepengen..

  3. Iya saya jg dh nikah hmpir 4th blm dksh de2,kdang sya stres,orang tua n mertua sya,dah kpengen pnya cu2,scr nh mrupakan cu2 prtama dr orang tua saya.

  4. coba minum madu yang teratur sama serbuk pucuk kurma. sy dulu rajin minum itu, alhamdulillah 3 bulan berikutnya hamil. kalo suaminya minum madu sama habbatussauda aja. yang penting selalu usaha, berharap, dan berdoa ^^ semoga yg menanti segera dapet momongan yaa

  5. halo, saya 5 minggu hamil….tanda2 hamil saat itu adalah pegel,kentut,sendawa,payudara sakit dan perut seperti mau dapet…tapi setelah berjalan ke minggu ke 6 yang tersisa kentut,sendawa,paydara sakit dan suka ngantuk…menurut mba wajar ga yah? maklum ini kehamilan pertama..jadi bener2 harap2 cemas, sedangkan saya disuru dateng ke dokter 1 bulan lagi,gimana ga stres ya?mohon sharingnya

    • gpp mba, tiap orang mempunyai efek yang berbeda thd tubuhnya. dan terkadang bisa berubah-ubah, ada tanda baru yg timbul, yang lama ada yg hilang. it’s okay :) klo saya dlu pegel ga terlalu berasa di awal hamil, malah di trimester 2 dan 3

  6. Assalamualaikum bunda..sy mw tanya nih,,sy udh 3 minggu telat mens..tiap minggu telat TP tapi negatif terus,,tapi yg sy rasain ky pegel di pinggang,PD suka nyeri,suka gerah(pdhl dlu klo tdur ska pke jket coz ga kuat dngin,skrng mlah suka gerah),laper terus,CD yg lama dah ga muat,clna krja mpe di gedein jga,susah BAB,lagi flu+btuk jg nih,tp ga brani mnum obat,suka kntut dn sendawa jga,trz klo biz minum suka pipis trus..apa saya hmil Ӵɑ̣̇ɑ̤̈ ?mdah” an minggu dpn pas TP ad 2 gris Ӵɑ̣̇ɑ̤̈ bun :)

    • wa’alaykumsalam mba nesya :)
      mens nya teratur ga mba? klo udh 3 minggu telat harusnya sih udah keliatan garisnya klo mmg positif. kadang rasa menjelang mens itu mirip bgt lho sama awal kehamilan, krn kan rahimnya sama2 mengembang dan berkontraksi. apalagi klo qt sdg berharap bgt hamil, psikologisnya ngaruh ke tubuh mba. jadi, mendingan mba rileks aja, jgn terlalu dibawa pikiran. biasanya wktu qt rileks dan positif thinking, lebih mudah insyaallah. btw, smga sgera dapet momongan yaa ^^

  7. Hi . aku mo tny dong haid aq gk trtr tp bln ne gk biasa x aq mrsakan gjla sprti : pert kram,kembung,perih sprti skt maag gtu, PD sih gk skt cm suka nyut2n aj

  8. waah…aku lgi browsing gejala hamil, blog ini muncul no.1 loh..
    aku bru mnikah 4bulan diusia 30thn dan suami 36, sempat takut klo usia kepala 3 sulit hamil.
    tapi byk teman yg bhkn di usia 35 masih bisa pnya anak pertama jd percaya diri msh ada.
    siklus haidku ckup panjang yaitu 39hr, dgn masa haid 7hr. kmrin sempt hitung2 hrusnya haid tgl 2 maret tapi smpe skrg blum haid, malah merasa pusing, gerah, bersin2 Flu sama sperti gejala diatas.
    aku blum test pack sih masih mau nunggu 2minggu.
    siklus haid yg mkin pnjng atau hamil ya? mudah2an perkiraan yg kedua. amiin…

    • halo mba, terimakasih sudah mampir ya :) gejala hamil itu sebenarnya berasa beda sih, krn qt sudah ngenalin tubuh qt, begitu terasa lain dari yg biasanya, bisa aja hamil. yg paling terasa sih buat saya, cepat capek dan pusing2. semoga bener lg hamil yaa mba :) tespek aja spy pasti

  9. maaf ganggu…
    mau tanya nih…
    aq kan dah telat 6 hari tapi belum jiga ada tanda-tanda kehamilan…
    yang aq rasain cuma susah BAB dan sering batuk dan sesak. memang aq punya penyakit sesak tapi klo sesak tidak separah seperti sekarang ini, dan biasanya aq minum obat sesak cuma 1 kali sehari tapi sekarang 3x sehari. selain itu selama seminggu ini suami juga mersa meriang dan sakit kepala tapi tiap sore aja, pagi siang dan malam tidak…
    apa semuanya ciri-ciri hamil atau tidak ya…
    mohon jawabannya..

  10. Selamat ya buat yang sudah hamil, dan buat yang belum, mari kita berdoa dan berusaha agar merasakan kehamilan juga……:)
    dari ciri2 awal kehamilan diatas, aq cuma merasa akhir2 ini merasa kegerahan walaupun volume ac nya udah gede… semoga aja ini pertanda awal kehamilanku jg ,, aminn…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s