Cerita Ibu Hamil :)

Kehamilan kedua ini terasa agak berbeda dengan kehamilan pertama. Jadi pengen bercerita sedikit. Terlebih karena kehamilan ini setelah kemaren sempat keguguran😥 jadi agak deg-degan awalnya. hmm, sebenarnya kehamilan kedua ini bukan yang kedua sih tepatnya, yang ketiga, tapi anak kedua.

Anyway, ternyata,tiap kehamilan bisa berbeda ya. Begitu juga dengan tiap wanita, gejala kehamilannya pun berbeda-beda. Ada yang berat menjalaninya, ada yang terasa ringan, ada juga yang gak feeling sama sekali..hihi..katanya hamil kebo.

Berikut perbedaan yg saya rasakan pada kehamilan pertama dan kedua :

1. Mual kehamilan pertama lebih berat. Untuk memasukkan nasi ke mulut saja rasanya berat luar biasa, pengen muntah, air liur banyak, sekali sesi makan bisa sampai 2 jam kalau saya memaksakan harus makan sampai habis. Pada kehamilan kedua, mualnya lebih ringan, memang terasa begah, mual, gak enak makan, tp lebih mudah untuk memasukkan makanan. Porsi makan pun bisa lebih banyak dari hamil pertama (waktu mual).

2. Waktu hamil pertama, saya mengalami nyeri/pegel pada tulang yang lumayan mengganggu, kira-kira pertengahan atau akhir trimester 2. Saya sempat tidak bs duduk bersila (atau duduk apapun yg ngelantai, tulang pant*t rasanya sakiiit banget). Tulang-tulang jari kaki dan tangan juga terasa ngilu, paling parah berasanya tiap bangun tidur. Kalau kesentuh langsung nyeri. Jadi serba salah, gak diurut sakit, minta diurut jg sakit T_T Alhamdulillah di kehamilan kedua ini gak ada sakit-sakit tulang, cuma pegel pinggul aja, biasa itu mah..karena beban perut yang semakin berat. Waktu hamil pertama juga ada kok.

3. Hamil pertama, masuk trimester 3 kaki bengkak, area ankle ke bawah, waww.. selain sakit, bikin kaki terlihat tidak langsing lagi hehehe.. diikutin sama ngilu-ngilu (#2). Jadi, waktu itu kalau lagi jalan, kaki terasa nyeri, kalau kelamaan perjalanan diem duduk di mobil, tambah bengkak. Solusinya, malem-malem tidur kakinya ditinggiin, disangga pakai bantal. Gak menghilangkan, tapi lumayan meredakan sedikit. Besoknya sih tetap bengkak hehe.  Ajaibnya ini, begitu melahirkan (benar-benar setelah bayi Shofi keluar), saya sempet ngintip kaki saya, sudah terlihat normal lagi, bengkaknya hilang langsung. Saya aja sempat tidak percaya, masih di kasur persalinan, liat kaki kok udah kurus aja😀 begitulah hebatnya ada bayi dalam perut memberi efek ke tubuh ibunya ya.. MasyaAllah. Dan di kehamilan kedua, lagi-lagi saya harus bersyukur karena tidak mengalami bengkak kaki kembali..alhamdulillah.

4. Kehamilan pertama, saya tidak mengalami keluar cairan vagina sama sekali. Saya sampai bingung, soalny pengalaman teman-teman yang lagi sama-sama hamil waktu itu katanya keluar banyak. Jadi, saya selama hamil pertama bersih gak ada cairan sedikitpun. Enak banget hamil kayak gini, hehe, rasanya nyaman. Di hamil kedua, ada cairan keluar, tapi hanya sedikit, tapi kadang juga gak ada (frekuensi lebih jarang). Cairan yang keluar ini lebih sedikit dibanding dengan cairan keluar kalau lagi masa subur sebelum hamil. Overall, ada, tapi tidak mengganggu.

5. Hamil kedua badan terasa lebih ringan. Maksudnya, sy inget banget waktu hamil pertama, masuk bulan ke 9 dan menjelang saat-saat lahiran, ini badan rasanya gak kuat untuk melakukan aktivitas yg terlalu mobile dan berat, perutnya terasa berat, jalannya megal megol banget haha. Dan kalau sholat aja agak kesusahan sujud dan bangun dari sujudnya. Kalau hamil yang kedua ini, sholat pun sampai akhir kehamilan alhamdulillah gak susah dan berjalan pun terasa lebih santai dibanding yang pertama. Mungkin jg karena berat badan sy di kehamilan kedua lebih ringan kali ya…bedanya 3kg ama yg pertama. Maybe..

6. Daaaan ini dia puncaknya. Kata orang yang sudah pengalaman, proses persalinan anak kedua lebih cepat dibanding anak pertama. Bener banget ini. Waktu lahiran Shofi anak pertama saya, butuh waktu sehari semalem baru dia lahir. Padahal pas datang ke RS itu udh bukaan 3 lho. Bukaannya lamaaaa banget gak nambah-nambah. Sedangkan pas lahiran Sarah, anak kedua saya, proses dari pertama kali terasa mules sampai lahiran cuma 2 jam 20 menit. Cepet banget, untung waktu itu gak nunda-nunda pergi ke klinik. Nanti kapan-kapan pengen nulis tersendiri deh tentang proses kelahiran ini🙂 Karena melahirkan itu…sesuatu banget soalnya #kibasrambut

Sekarang sekian dulu sharingnya ahh..ngantuk masih sering begadang nih, H+7 lahiran #hoaahmm. Pregnancy..what a precious journey. And I am glad and thankful that I have gone through it twice.


One thought on “Cerita Ibu Hamil :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s