Granuloma Umbilical Setelah Sarah Lahir

Ketika hari ke 8 setelah lahir, Sarah akhirnya puput tali pusar. Lega juga, karena bisa lebih leluasa saat memandikan, memakaikan baju, menggendong, dsb.  Tapi, ada yang membuat saya kaget dan geli (bergidik kali ya), saat tali pusarnya copot. Keadaannya basah, ada cairan agak kekuningan, dan yang paling aneh ada daging ‘mentah’ yang menyembul di pusarnya Sarah. Hmm, susah mendeskripsikannya, tapi daging ini tidak seperti organ kulit, dagingnya dengan otot halus, persis seperti tali pusar yang masih baru dan basah. Tidak berbau. Panjangnya hanya kira-kira 1/2 cm. Pas saya tarik tali pusar yang sudah menggelantung, ada daging ‘mentah’ tadi di dalamnya, tetap nempel di pusar, seakan-akan tidak ikut ketarik.

 

Tapi, karena ukuran daging tersebut kecil dan memang habis puput tali pusar, saya pikir wajarlah masih basah dan pasti nanti akan kering sendiri. Sampai hari keempat saya tunggu, kok pusarnya Sarah tetap basah, masih ada cairan warna agak kekuningan yang tidak berbau. Daging aneh tadi tetap seperti sebelumnya, tidak ada tanda-tanda lebih mengering atau mengecil. Kadang-kadang ada darah yang terlihat di pusarnya. Oiya, sebelum puput tali pusar, pusarnya Sarah juga sering berdarah, pokoknya sensitif kalau kegesek.

 

Hal ini bikin saya bertanya-tanya, something weird here. Padahal, Sarah sengaja tidak saya mandikan basah atau berendam, hanya diusap air hangat setiap mandi (pusarnya gak dibasahi sama sekali) agar pusarnya cepat kering. Pusarnya hanya dikasi betadine sedikit. Normalnya, setelah puput tali pusar, pusar akan berangsur mengering, paling lama kira-kira seminggu. Ini sudah hari keempat tidak ada perubahan.

 

Syukurlah Sarah anak kedua saya, saya sudah punya pengalaman Shofi anak pertama, jadi bisa untuk pembanding. Waktu Shofi, pusar tidak pernah berdarah sama sekali, sebelum dan setelah puput tali pusar. Bahkan setelah puput, hanya 2 hari pusarnya sudah kering dan bagus. Dan yang jelas, tidak ada daging basah ‘tertinggal’ di bekas tali pusar yang puput.

 

Karena penasaran, buru-buru saya browsing. Waktu itu saya benar-benar mikir sambil memandangi pusar Sarah waktu dia lagi jemur pagi. Sambil nemenin Sarah berjemur, saya baca-baca beberapa artikel dan tulisan orangtua yang mengalami hal yang sama. Yap! Feeling not good, bener ternyata. Memang ini suatu kelainan pada bayi. Nama medisnya Granuloma Umbilical. Ciri-cirinya persis seperti di awal tulisan ini, ada daging basah yang terlihat setelah puput tali pusar, cairan agak kuning, dan pusar yang tak kunjung kering, meski setelah waktu yang lama. Ada yang menunggu sampai 2 bulan, pusar anaknya tetap basah😦 kasian.. Syukurlah Sarah tidak harus menunggu berlama-lama, karena saya juga sudah curiga ada yang aneh, beda sama kakaknya.

 

 

 

photo_wm20024

 

[ Sorry gambarnya kalo agak annoying. Kiri : Pusar Sarah. Terlihat ada daging halus di bagian bawah pusar. Yang hitam-hitam itu bekas betadine yang ternyata tidak ngaruh, sebelum tau tentang kelainan Granuloma Umbilical. kanan : gambar yang lebih jelas, bukan anak saya😀 ]

 

Bagaimana penyembuhannya? Ada 2 cara yang bisa ditempuh, home treatment dengan albotyl (yang untuk obat sariawan itu lho) atau operasi. Wow, operasi untuk anak bayi baru lahir, kasian banget pikir saya.. Udah gitu, dengan operasi masih ada kemungkinan belum sembuh total juga. Tentu saja saya pilih home treatment dahulu, tidak mau anak bayi saya dioperasi, mudah-mudahan berhasil. Btw, si daging tadi adalah penyebab pusar yang terus basah, karena dia mengeluarkan cairan, jadi harus dihilangkan. Jadi, 2x sehari setiap habis mandi (ehm, tepatnya bukan mandi sih, tapi di lap air hangat saja, pusar harus diusahakan tidak kena basah), dioles albotyl dengan cotton bud, itu kata tulisan yang saya baca. Tapi, pas saya coba, gak enak banget pake cotton bud, cairan albotyl nya banyak terserap di kapasnya daripada yang keoles. Akhirnya saya tetes saja di pusarnya sedikit, pusarnya dipencet-pencet supaya kenanya merata, terutama si daging basah tadi harus kena. Terkadang, di sela waktu ganti popok juga saya kasi albotyl lagi, biar cepet beres. Alhamdulillah hari-hari berikutnya ada perubahan. Daging tadi mulai menciut dan mengering. Tidak sampai seminggu, kalau tidak salah hari ke 5 atau 6 treatment albotyl ini, dagingnya copot. Seperti lapuk, begitu saya pegang untuk periksa keadaannya, eh dia copot, lalu saya bersihkan sisa-sisanya. Pusarnya masih terlihat agak sensi sih, seperti ada luka yang baru tertutup. Tapi, saya lega luar biasa. Beres juga nih urusan pusar. Alhamdulillah. Dan keesokan harinya, pusarnya udah kering banget dan bagus, jadi udah mulai saya mandikan berendam deh si Sarah.

 

Hanya sekedar tambahan, di beberapa artikel dan video bayi newborn yang saya lihat, ada 2 versi, dimandikan dan tidak dimandikan sebelum puput tali pusar. Saya lebih cenderung pada yang tidak dimandikan, meskipun saya telat taunya, itupun karena browsing kasus Sarah. Kedua anak saya, saya mandikan sebelum tali pusarnya puput (Sarah tidak saya mandikan itu justru setelah puput tali pusar). Padahal sebaiknya tali pusar itu harus benar-benar dijaga kering, jadi bayi tidak perlu dimandikan, toh dia tidak banyak bergerak dan berkeringat. Cukup mandinya air diseka dengan waslap saja ke badannya. Dan tali pusar yang belum copot, tidak perlu dikasi apa-apa, baik itu alkohol, betadine, minyak, dsb. Biarkan kering, yang penting dijaga kebersihannya, begitu yang terbaik menurut WHO. Dan saya sependapat sekali dengan ini. Pasti lebih cepat kering kalau tidak kena air mandi 2x sehari kan.

 

Okay, sekian cerita Sarah dan saya tentang Granuloma Umbilical. Semoga bermanfaat🙂

Note: Karena banyak comment dan pertanyaan yang masuk…please read the whole writing and comments carefully for I don’t reply the question which answer is already stated in this writing or someone else has asked similar question I have answered in comments. Be smart reader. Thank you🙂


70 thoughts on “Granuloma Umbilical Setelah Sarah Lahir

  1. Apa bner itu mbak…. ponakan saya umurnya ßr 1 blanan, gejalanya çαмα² pasca lepas,eh..kok mala nyundul daging basah gt y dari tengah pusarnya… awalnya g risih y, tp setelah 2 minggu saya mulai risi liatnya kok g kering2 gt… itu di kasih abotil apa bayi nya g keperihan… soalnya kaka gw ky g yakin gitu… kt nya abotil to peri kl ditetesin ke lukah.. makasih mbak.. tlg blsanya.

    1. Kalau pusarnya sampe sebulan masih belum kering juga, dan ada ciri2 seperti di tulisan di atas, kemungkinan seperti itu jg. Ya harus diatasi. Anak sy yg pertama, kering pusarnya dalam 2 hari saja, begitu jg yg kecil, setelah daging basahnya copot, 2 hari sudah kering dan bagus. Jadi kalau sebulan itu sudah sangat lama.. Dikasi albotyl tidak akan sakit, karena di sekitar (tali) pusar bayi baru lahir tidak terdapat syaraf sehingga tidak akan merasakan sakit, sama ketika tali pusarnya dipotong.

      1. Waaah ini informasi yg sy butuhkaan banget, apa mungkin anakku juga mengalami kelainan ini ya, umurnya sdh hampir 2 bulan, apa masih aman di tetesi albotyl takutnya anaknya meras perih. Sy malah mengira itu usus yg nyembul keluar karena pusarnya tdk tertutup rapat…aduh

  2. Mb, jujur ini info yg aq cari2 dari lama, cuma koq ya taunya udh agk telat, pas udh sebulan setelah lahirnya si kecil, cz smw blg suruh sabar aja biar kering sndri, tp sprti mb, sya jg ngrasa ada something wrong. Mknya sya praktekin dan alhamdulillah dagingnya btul mngering dan ciut, tp koq udh seminggu blum juga lepas sndri ya, pdhal udh kering bner loh? Apa sya tggu aja ya bbrpa hr lg? Itu tiap mandi ‘lap2’ apa hrus dibersihkan pkai air jg? Atau biar tetap hitam (bekas albothyl sblumnya) dan cuma ditambah tetes albothyl nya lg aja Mb?

    1. Gpp mba, ditunggu aja bbrp hari lg, mau gak mw spt itu. Ada jg yg sampe 2 minggu, tergantung cara dan frekuensinya jg. Mba tetesin albotyl lgsg apa pake cotton bud? Klo sy dlu biar cepet beres, tetes lgsg di pusarnya, lalu frekuensinya sering jg gpp. Sy bisa tetesin 5 atw 6 kali sehari, selain waktu mandi, waktu ganti popok jg sy kasi. Jangan dikasi air yaa mba, kalo dikasi air nanti makin lama donk keringnya. Membersihkannya cukup pake tangan, kerak2 bekas albotylnya dibersihkan (disingkirkan), baru ditetes albotyl baru. Waktu tetesinnya, dagingnya agak dibuka sela2nya, karena kan dia kaku dan berkerak bekas albotyl, supaya masuk sampe ke pangkal dagingnya. Itu yang penting, klo pangkalnya sudah kering dy mudah copot. Nanti klo keliatan sudah cukup kering, coba diperiksa, digoyang2 dikit, atau mungkin sekali sentuh udah lepas🙂

  3. Owh brarti jgn kena air sm skali ya, ok Mb. Iya bner sya tetesin koq, cz klo cm oles pkai cotton bud mlah bnyak nyerap di bud nya aja. Brarti ntar sya coba tambah frekuensi ngasi albothylnya, soalnya biasanya cuma pagi dan sore aja sesudah mandi “lap2”, itupun ngga sya buka2 smpai keraknya. Mudh2an cepat copot ya Mb, kpikiran terus ini hehe.. trimakasih jwabannya ya mb, mmbantu skali.

  4. Mb maaf, sya agak khawatir ini, barusan sore tadi sya pegang bagian tengah yg kering tiba2 lepas, tapi koq yg lepas sperti kulit tebal gtu ya? Jd masih mnyisakan benjolan kecil basah sebesar ujung cotton bud bayi (jauh lebih kecil dari bnjolan sblumnya). Apa sya yg trlalu trburu2 mnggoyangnya ya? Punya Sarah dlu setelah lepas gmn bntuknya Mb? Kira2 itu akan mgering sndri atau tetap sya tetesi lg ya?

    1. Hmm, sepertinya blm tuntas mba kalau msh ada daging basahnya. Mungkin karena kmrn2 mba tetes albotyl gak sampe ke pangkal, jadi yang copot hanya sebagian gak sampe ujung. Sekarang, lanjutkan aja albotylnya mba, pastikan kena sampe pangkal. Dulu waktu Sarah, begitu copot, pusarnya jadi keliatan normal spt pd umumnya, gak ada tonjolan daging lagi. Sabar ya mba, itu dikit lagi kok, lanjutin aja tetes albotylnya..

  5. Iya Mb, ini tetep sya tetesin aja, betul juga, mungkin sblumnya sya netesinnya ngga sampe akar ya. Mudah2an yg ini bner2 tuntas deh ya, hmmm maaf jd curhat dsni jdinya hihi.. Tp senang bgt ada yg bsa bantu, mkasi Mb. Iya klau smpat sya kirim fotonya ya Mb, tp mudh2an uda keburu beres dluan, amiiin…🙂

  6. bunda sarah salam kenal mbak
    aku baca pengalaman mbak sepeetinya sama seperti yang anakku alami anakku baru lahir 15 feb kmren setelah 7 hari pusarnya puput memang seperti ada daging yang menonjol berwarna merah muda memang kecil sekitar 1\2 cm awalnya aku kasih betadin memang terlihat kering tetapi setelah si dedek aku mandikan keringnya mengelupas dan daging merah muda tsb terlihat segar lagi dan pada saat saya pakai gurita pada saat saya lepas agak menempel digurita seperti sedikit darah yg mengering saya mau bawa ke DSa
    takutnya main suruh bedah saja, apa betul pakai albotyl yg obat sariawan itu ya?? apakah ada efek sampingnya mbak
    bunda sarah apakah hanya gogling atau saran dari dokter mbak
    aku mau coba dulu pakai albotyl mudah mudahan manjur dan cepat sembuh

    1. Benar mba, saya googling pengalaman ibu yang anaknya granuloma umbilical jg. Tapi saya udah lupa dmn. Di dokter pun ada 2 cara, ada yang waktu itu disuruh langsung operasi, lalu dia cari second opinion ke dokter lain, dokter yang kedua yang menyarankan dengan albotyl dulu. Karena pengalaman ibu itu berhasil, jadi saya gak bawa Sarah ke dokter, langsung praktekkan albotyl juga, caranya sederhana kok, alhamdulillah bisa ilang dagingnya..

  7. Salam kenal bun, awal ketemu artikel ini senangnya bukan main hati lebih tenang, usia Chila saat ini sdh mau 2bln kondisi pusar’y sama persis dengan yg bunda ceritakan di atas mulai jumat kmrn aku beranikan diri untuk mulai treatment, treatmen pertama aku cuma kasih 1 tetes tiap pagi dan sore dan hari pertama daging bandel itu langsung bereaksi dari daging basah yang warna’y agak merah menjadi gumpalan daging yg agak kering dan berubah warna menjadi putih gading dan puser’y pun langsung keliatan lebih baik keadaan’y kering,kemudian hari kedua daging bandel itu lebih menciut lagi dan berubah warna lagi menjadi kehitaman seperti warna cairan albothyl,hari ketiga kondisi’y masih sama bun dengan hari kedua daging bandel’y belum copot setelah saya cek memang pangkal’y msh belum kering betul hanya daging bandel yg tadinya itu sampai nongol keluar yg sudah mengering,, apa reaksi’y udel chila sama dengan reaksi anak bunda? Aku hanya pakai 1 tetes pagi 1 tetes sore dan baru berjalan 3 hari, kira2 berapa lama lagi ya bun daging’y bisa copot, karna saat ini daging’y sudah keras dan kaku, walau daging bandel sudah keras dan kaku apa saya harus terus melakukan treatmen sampai daging bandel’y itu copot bun? Maaf bun banyak nanya karna ini anak pertama dan bener2 urus sendiri ga ada orang tua jd sering galau, saat ini aku malah jd takut gimana kalau daging yg sudah keras itu ga kunjung copot, terima kasih bun

    1. Halo bunda Chila, sabar ya. Treatment dengan albotyl tergantung dengan berapa jumlah albotyl yang dipakaikan dan frekuensi pemakaiannya. Jadi, semakin sering ditetes dan merata seluruh daging tadi kena tetes, semakin cepat sembuhnya. Bunda Chila, dibaca saja ya komen2 di atas bunda, pasti pertanyaannya terjawab, sudah saya jawab dengan detail, pertanyaannya hampir sama kok🙂 semoga Chila cepat sembuh yaa

  8. mbak… tulisannya sangat bermanfaat. anak saya juga ngalami yang sama, awalnya granulanya tidak keliatan, pas di bawa k dokter dan dilihat lihat baru keliatan, suruh kasih abotyl. alhamdulillah setelah seminggu sudah lepas dagingnya.. namun seminggu lagi kok basah lagi ya mbak… apa mbak ada pengalaman… ,? apa harus dikasih abotyl lagi ya…

    1. Halo mba.. Apakah dagingnya sudah sempurna copot? Masih ada yang nyisa gak di pangkalnya? Soalnya klo ngasi albotyl gak nyampe ke dalem pusarnya, pangkalnya gak kena.. Coba dicek dlu yaa..

  9. rasanya sudah sempurna copot mbak… ini malah sekarang timbul bercak putih pada pusarnya.. dan kondisinya lembab… ada saran mbak..? rencana besok mau dibawa ke dokter spesialis anak..

    1. Kalo udah sempurna copot sih harusnya kering mba. Anak saya lgsg kering pusarnya hari berikutnya stlh copot. Gpp mba, dikonsultasikan aja ke dokter yg kmrn lg, biar lebih jelas.. Semoga cpt sembuh ya..

  10. mba mau tanya klo udh d tetes albotyl pusernya d tutup kasa ga?kan basah tuh bekas albotylnya pasti kegesek2 ke baju.terimakasih..

    1. Gak usah mba, biarin agak kering dikit, baru dipakein baju/celana. Jgn ditutup kasa. Waktu itu sy gak pakein pampers spy gak ketekan. Bayi baru lahir kan paling baru pake popok kain biasa, sy iketnya malah di bawah pusarnya.. Semoga membantu

      1. mba td saya udh nyoba 2kali pemakain albotyl..c granumola nya ini berubah warna jd aga putih pucet..waktu sarah gitu g?mdh2an albotyl ini ngefek jga d anakku..soalnya pas prtma dnger kata bidan hrs cek k dokter anak aga khawatir,sempet stres jga karna ku kira bukan apa2 nnti jga kering sendiri.mnta doanya ya mba..pdhl lg nyusuin ga boleh stres

  11. Alhamdulillah mba..ketemu artikel ini..
    Sy sdh stress dr kmrn, tiap ke dokter anak dkasih obat beda2 tp gkda kemajuannya. Dokter yg terakhir ini nyaranin pke albotil jg tp udh seminggu msh ttp basah.
    Ternyata sy slh penanganan.. Sava ttp sy mandikan tiap pagi, dan pemakaian albotil cm 2x sehari di bagian atas daging saja.
    Akhirnya sy lega ketemu artikel ini, sy jd yakin lanjutin threatment ini dg lbh telaten..
    Tengkyu mba..sy jd semangat lg

    1. Halo Mba Widya. Iya, bayinya jgn dimandikan dlu yaa. Pusarnya tidak boleh kena air selama treatment albotyl supaya cepat kering. Dan kasi albotylnya boleh kapan aja, lebih sering lebih cepat sembuh. Sampai ke pangkal dagingnya ya. Semangat ^^

  12. Mba bermanfaat bgt,
    Nanti lsg Aq coba,udh hampir seminggu dr pusar puput Daging kecil itu g kunjung kering,
    Sempet stress mau dbawa ke dokter blm sempat

  13. Mba ank sya dh q tetesin albothil tp dh 10hari lebih daging tmbuh y lum copot jg pdhl dh sya goyangin sprti mba lakukan, pdhal sya sring ksih albothil stiap gnti celana., mpe puser y kaku penuh dgn albothil pa sya hrus bersihkn dlu atw d’biarkn kya gtu kaku., sya dh pusing mikirin puser yg tak kunjung copot…

    1. Ooh…iya mba. Jgn lupa dibersihkan kerak2nya yg kaku itu. Kalo gak dibersihkan ya albotyl yg ditetes gak akan masuk sampe ke dalam, menumpuk terus di luar. Mungkin karena itu jd tidak maksimal dan belum berhasil copot

  14. Mba ,anak saya juga seperti itu.kalo boleh tau cara membersihkan keraknya bagaimana yah?saya sudah melakukan treatment ini tapi blum lepas” hanya baru mengering saja.

    1. Bersihin aja pake tangan mba. Kasi aja albotylnya lbh sering dan pastikan sampe ke pangkal daging. Kerak2nya dibersihkan tiap ngasi albotyl yg baru, biar tidak menumpuk. Klo treatment nya tepat, biasanya hari ke 5 atau 6 udah beres mba.. Good luck

  15. mbak, mau tanya. klo untuk membersihkan kerak2 bekas albothil itu pake tangan aja atau gmn? soalnya anak saya keraknya seperti ada di dalam pusarnya.

  16. Hallo bunda sarah
    brarti slma treatmen ga blh kena air y bun?? Soalnya klo mndi sdh hati2 tkut bsh eh kena cipratan air trs bsh yg kering td jd lendir. Baby q udah hmpir 2 mggu diksh albothil tp blm copot warnanya putih pucat, mmg frekuensi ksh albothilnya 2x hbs mndi. Gmna bun? Stres bgt q bun.
    Trims before

    1. Iya, jangan kena air sama sekali. Mandi nya di lap dengan waslap saja dulu, pusarnya jgn kena air. Kasi albotyl nya jg sering2 aja gpp. Tiap ganti popok dikasi. Jd cepat kering. Kerak2nya dibersihkan dulu sebelum kasi albotyl berikutnya spy kena sempurna sampai ke pangkal dagingnya. Semoga cepat tuntas ya ^^

  17. Mf bun mo tnya lg,
    stlh hari ke 3 gak kena air pas mndi granuloma nya udah menghitam tp msh nempel ga lps2, ga papa y bun ditrskan kan tread albothylnya?. Kira2 ada efek ga y bun diksh albothyl lama? Mf bun byk tnya😀.

  18. Haloo mbak.. Salam kenal..
    Saya agak bingung apa anak saya terkena granuloma atau emg pusar yg baru puput memang seperti itu.. Kondisi baby kmrn tali pusat nya sudah puput dihari ke 10.. Tapi masih ada putih2 ditengah pusar nya.. Sudah 2 hari ini sy pakaikan betadine ttap tidak juga kering..
    Apa itu disebut granuloma juga ya?

    1. Halo.. Kalo gak ada gambarnya gak bisa jelas mba. Liat aja, pusar anak mba mirip spt yg di gambar apa tidak. Kalo 2 hari biasanya sih sudah kering. Kalo masih ragu juga, konsul ke dokter aja mba..

  19. Hallo bunda srah…
    Bun’ Q yg wkt tu prnah comment, Trima msih ats info bunda berikan dri pngalamn bunda granuloma pda ank sya udh cpot pas 15hari stlah q comment pda bunda, skrg q jd lega bget… udh gk k’pkiran lg, lw sya tdk browsing mgkin sya tdk tw hrus prbuat pa??pas sya baca pngalaman bunda sya sdkit lega akhr y sya cba ksih albothil dan trnyata brhasil, terima ksih bunda sarah ma’af jd curhat…

  20. Makasih ya bun atas info nya, granuloma pada ank ku yg ke-2 benar2 tuntas…bunda2 yg lain jangan takut untuk mencoba,aku sndri sdh membuktikan pakai albothyl granuloma pada anak ku sudah hilang/ sembuh…sekali lagi terimakasih bunda sarah

  21. Tmksh bunda sarah infonya.
    Untung ada artikel ini. Agk sedikit tenang… anak sya yg ke 2 ini jg pusarnya blm kering2. Sudah ke bidan kedokter dikasih obat sampai sekarang blm kering jg. Haduw bingung bnget hrus gimana solusinya. Sya akan mencoba tretmen home dg albothil. Semoga kering.. amin. Minta doanya bunda2..

  22. Ada foto pusar setelah puput seluruhnya ga? Anak sy jg dulu mengalami hal sama, skrg uda umur 16bln, dulu jg pk albotyl, tp pusar anak sy jd beda sndr bentuknya, bodong ngga, bolong jg ngga, trs dalam 14bln uda 3x lecet, bingung bersihinnya krna bentuknya aneh.

  23. Anak kedua saya jg ky sarah mba.saya kasih albothyl tiap habis mandi selama seminggu.awalnya cuma kering tapi ga putus2.akhirnya saya stop pakai albothyl.tdk pakai apa2 selama seminggu.eeh tapi 3hari yang lalu sisa tali pusatnya copot sendiri.alhamdulillaaah lega bgt saya jdnya.makasih ya mbak infonya😊

  24. Alhamdulillah setelah membaca artikel ini membuat hati agak tenang. Anak saya usia nya sudah mau 1 bulan. Kasus nya sama persis dengan Sarah. Besok saya mau coba mudah mudahan saja berhasil. Bantu doanya ya bunda.

  25. Makasih udh share ttg granuloma umbilical ya mbak,alhamdulillah anak saya sembuh setelah saya ikutin apa yg mbak share…saya dan suami sempet agak bengong krn tyt cuma pake albothyl aja,abis baca langsung suami ke apotek cr albothyl dan 2-3 hari lgs kering cuma lepasnya emg ga secepat punya putri mbak,punya anak sy br lepas setelah skitar 2mgg…trimakasih atas infonya ya mbak…

  26. Sore bun,
    Treatment albotyl sudah sy lakukan 1 minggu ini. Daging basah yg bandel sudah puput, tapi masih tersisa sedikit. Meski sedikit efeknya sama seperti daging yg sebelumnya yaitu bisa membuat pusat si baby kembali berlendir kuning. Akhirnya sy butuskan untuk lanjut treatment lagi. Tapi apa ada batas maksimal treatment albotyl? Karena sy takut kalau treatment ini sampai g sukses. Mohon dibantu

    1. Berarti belum tuntas mba, ngasi albotyl nya gak sampe ke pangkal dagingnya. Gpp kasi lagi aja sampe tuntas. Gak ada batas maksimal. Ada yang pernah treatment ini sampe 2 minggu baru beres. Good luck

  27. Bu, ada foto pusar yg uda puput semuanya ada? Saya penasaran bentuk setelah sembuh kaya apa? Ini saya treatment uda 1 minggu tp pusernya msh basah jg. Mw ngasih fotonya lewat koment kq ga bs ya? Hikz..

    1. Setelah sembuh pusarnya spt biasa aja mba, kering. Kalo msh basah teruskan sampe copot. Kasi sampe ke pangkal daging. Kapan-kapan saya upload foto pusar Sarah, walopun dy skrg udh 1.5 taun sih..hehe. Belum sempet euy. Nanti sy update ya insyaAllah

  28. Bunda sarah,ini kasus yg lg sy alami.
    Nanti mw.ny k dokter,tp stelah bca artikel ini mw coba dlu lh. Kmren2 msh tenang soal.ny kta bidan sruh kasih betadin.
    Tp smpai usia 37 hri tdk ada prkembangan. Bunda klo kasih albotyl 1 ttes ajh ya? It bisa smpe pangkal gg bun? Ato boleh lbh dr 1 ttes?

    1. 1 tetes aja cukup mba. Tapi nanti pusernya agak dipencet2 dikit supaya memastikan cairan albotylnya masuk sampe ke pangkal. Jgn lupa kalo ada kerak-kerak bekas betadine (atau nanti setelah pake albotyl) di pusar, dibersihkan dulu sebelum ditetes. Semoga berhasil yaa

  29. bunda sarah sya mau nnya ni, saya udh treatment pkai albothyl kurng lbih 2 mngguan pusar ny udah menghitam sih tp kok blum ad tnda2 mau cpot ya soalny udah sya goyang2 jg…trus sya mau nnya jg ni pusar ny sarah waktu granuloma ny cpot pusar d dalam pusar ny ada sisa gak? atau bersih total..

  30. Bunda sarah, setelah 1 minggu sy tetes albothyl alhamdulillah sdh copot, tp sampai 2 hari ini dr pusar keluar cairan kuning tdk berbau bernoda di baju dan menutup pusarnya klo kering, apa yg harus sy lakukan, mohon bantuannya, terimakasih,.

    1. Apa sudah copot sempurna mba? Masih ada sisa gak? Soalnya kalo udh bener-bener copot harusnya sih kering. Gak ada dagingnya lagi, gak ada cairannya lagi…

  31. Mbak terimakasih banyak sharingnya, putri saya juga mengalami hal serupa. Saya akan coba dan semoga berhasil, nanti saya akan kabari lagi ya. Salam kenal dari Keluarga Biru di Malang🙂

  32. Saya jg ngalamin bunda, anak saya puput puser pas 10hri, sya kira udh selesai…skrg usia 1 bln tiba2 ada bercak drah nempel di kaos dalemnya pas diliat dri udelnya ada yg nyembul persis d foto bunda…skrg nyoba treatment albotyl bru 2x ttes smg berhasil jg…smpet panik krn ini anak pertama pula…smpet searching2 di google kbnykan dkter nyaranin operasi..utg nya nemu artikel bunda ini,makasih bunda artikelnya sangat membantu

  33. Bunda sarah,alhamdulillah si dging bndel.ny udh pput stelah treathment 15hr. Dlu sy mw share tp kok hilang ini forum. Mksh bgt bunda smg bsa brmnfaat utk yg lain.ny yg sdng mngalami hal yg sma.

  34. alhamdulillah senang sekali mendapat artikel ini..krna anak saya jg mengalaminya dan lgsg praktek pke albotil alhamdulillah seminggu copot dagingnya tp ko msh ada sdkit daging merah kecil ya mba dan berdarah…apa ttp dikasih albotil apa gmn ya mba?

    1. Alhamdulillah. Ya mungkin blm copot sempurna mba. Kasi lg aja albothylnya, pastikan kena sampe ke ujungnya/pangkalnya biar benar2 tuntas. Semoga cepat sembuh yaa

  35. Makasih bund, sudah share pengalamannya… Anak kedua sy jg mengalami ciri” yg bunda sebutkan diatas ..Alhamdulillah jd punya second opinion swlain operasi.. InsyaAllah ilmunya sy akan coba besok.. Bantu doa ya bund…

  36. trima kasih ya bun sdh berbagi info ttg granuloma umbilical, anak kedua sy yg lahir 23 juni kmrn jg mengami hal yg sama dgn anak bunda, sempat stres jg sih soalnya sy mengurus anak cm berdua dgn suami dan orang tua jauh. Setelah baca artikel ini sy langsung mempraktekkannya dan berharap semoga berhasil selerti yg dialami putri bunda sarah.

  37. Salam kenal bunda,pusar anak saya sama persis seperti adek sarah,tp warna nya kuning pucat dan alhamdulilah tidak berdarah,ini udah mau 2bln,saya hanya pk in betadin,setelah baca artikel ini saya beranikan diri pk albotil,terimakasih…

  38. Salam kenal bunda. Putra pertama sy sama persis dengan sarah. Alhamdulillah ketemu artikel bunda. Jadi sy cb treathmentny. Oya bunda yg d bersihkan dr kerak2 albothil it d pusar sekitar daging yg tumbuh atau juga d daging yg tmbuh it bunda? Karena setelah beberapa hari d beri albothil si daging mengering dan warnanya kuning kecoklatan dan sperti lbih tebal dr sblumny sblum kering. Ap memang sperti it? Mohon pencerahannya bunda. Terimakasih..

Leave a Reply

