Coretan

Malam ini mellow sekali. Padahal ini malam idul fitri, besok lebaran..harusnya  gak mellow sih ya, but happy. Tapi, entah kenapa pikiran ini melayang kemana-mana. Ada yang mengganjal, seperti ingin diselesaikan. Selain itu, juga ada pikiran yang masih nyangkut di kepala, seperti benang kusut yang perlu diurai, tapi apa daya tak bisa kutemukan jawabannya. Hidup gak selalu mulus, ada juga bad time story nya, entah itu gagal, patah hati, kecewa, marah, dan sejenisnya. Dan entah kenapa hari ini sedikit terpikir tentang emosi-emosi negatif, yang sebenarnya bikin capek kepala.

Hari ini aku menemui banyak orang,  banyak melihat dan mengamati. Dan kemudian aku berkaca kembali ke diri sendiri. What have I done? Am I walking right on the path like I wanted? Teringat dulu, waktu kuliah, pernah suatu kali di kelas ketika duduk paling belakang, karena bosan mendengarkan dosen, aku mencoret-coret bukuku. Buku catatan kuliahku yang banyak “hiasan” nya, mulai dari coretan kecil, curhatan, percakapan dengan teman lewat tulisan, gambar-gambar kecil, hingga besar, asalkan aku tidak bosan (menandakan aku sering bosan haha).. Oke, lanjut. Saat itu aku menuliskan dengan begitu saja :

sekolah
kerja
menikah
meninggal

Saat itu aku sedang memikirkan alur hidup kita manusia kebanyakan. Seorang teman persis di sebelahku ngintip tulisan itu dan protes. Katanya, ” Serem amat meninggal?? Gak usah ditulis itu.”
“Oooh. Ya memang gitu kan, ujung-ujungnya kita meninggal,” jawabku, sedikit kaget ternyata dia komen coretan kebosananku.

Karena suatu saat langkah kita akan terhenti, kita harus membuat makna dalam hidup ini yaitu isi hidup itu sendiri. Mau kita isi dengan apa, mau hidup dengan siapa, apa yang ingin diraih, dll. Well, kesannya duniawi banget ya. Bisa jadi, tergantung mengartikannya. Toh tidak salah memiliki cita-cita dunia. Tapi, karena ujungnya meninggal, maka tetap urusan akhirat harus diutamakan, cuma itu yang bisa membantu.

Mungkin, malam ini aku sedikit pusing terpikir beberapa list yang harus aku coret dari daftar harapan dalam hidupku, menimbang kesesuaian, kemaslahatan, dan kemampuan. Terkadang mengalah itu baik. Berat memang rasanya, makanya nyesek di dada dan nyangkut di kepala. Tapi, gpp kok. Hufft… aneh ya tulisan ini, terlalu random dan gak jelas =D Yasudah lah semoga besok hari yang indah, Happy Eid Mubarak!


5 thoughts on “Coretan

Leave a Reply

