Dekor Dapur dengan DIY Wall Art

Saya hobi dandan. Eh, dandanin rumah maksudnya. Apalagi kalo liat Pinterest gak ada habis-habisnya, semua pengen dicoba. Favorite category saya adalah home decor dan crafting. Sukaaa sekali liatnya. Berhubung saya sibuk dan harus menyesuaikan budget, hehe, beberapa hal ternyata lebih baik dibuat sendiri. Kelebihannya bikin sendiri tentunya bisa sangat custom, apapun sesuai selera dan persediaan yang ada. Dan satu lagi, kepuasaan tersendiri membuatnya.

Karena dapur masih sangat plain, pengen nambahin sesuatu sedikit biar seger. Apalagi saya sering berada di dapur, jadi supaya semangat memasak kalo dapurnya lebih cantik🙂 Ada 2 hal yang kepikiran; pertama, ngecat 1 sisi dinding dapur dengan vertical stripes dan satu lagi pengen masang wall art sederhana di sisi seberang dinding stripes tadi. Sebenarnya 2 2 nya udah kesampaian sih, udah dikerjain (tapi kelamaan gak ditulis hehe…) Sekarang, mau share yang wall art dulu deh. Post berikutnya baru tentang ngecat ria🙂

Untuk mengerjakan hobi saya, biasanya pake persediaan yang ada saja, gak terlalu banyak beli. Di rumah, saya ada beberapa buah papan persegi yang motif kayunya sangat jelas. Pokoknya bagus deh. Sayang kalo gak dipake. Saya kepikiran mau bikin pajangan dengan tetap memperlihatkan motif kayu naturalnya. Berhubung dapur warnanya hitam putih (netral), masih masuk kalo mau di-match sama warna apa aja. Pajangan nanti warnanya nuansa hitam, gold, dan kuning. Karena, gorden dapur dan dinding stripes nya kuning. Yeaah, biar seger. Hitam putih ketemu kuning.

Okay, ada 4 pajangan kayu, ada motif aztec dan dan ada yang abstract (gak tau namanya, suka suka yang bikin haha), 1 laginya tulisan ” It’s so good to be home”. Yes, because I really love being at home. Mengerjakan ini lumayan menyita waktu. Karena saya ngerjainnya cukup lama disambi terus mengerjakan tugas-tugas rumah tangga. Alat-alat yang diperlukan cuma : masking tape (selotip untuk pelapis waktu ngecat), pensil, cutter, spray paint, dan glitter.

photogrid_1466827545664-1_wm.jpg

Yang lama sebenarnya membuat alur motifnya dengan masking tape. Setelah dibuat polanya dengan pensil, pasang selotipnya di area yang tidak ingin kena cat. Perlu cutter sana sini dan pastikan rapi, supaya waktu ngecat, catnya gak rembes ke bawah selotip masuk ke ruas kayu (soalnya kalo rembes jadinya kurang oke). Selanjutnya tinggal ngecat, proses yang ini gak lama kok. Pastikan ngecat di ruang yang sirkulasi udaranya bagus dan lapisi koran area untuk ngecat supaya aman (gak mau kan gak sengaja dinding kena semprot cat hehe). Bagian yang perlu diberi glitter segera ditabur glitter waktu cat dalam keadaan basah, saya pake gold untuk bagian yang glittery. Setelah cat benar-benar kering, tinggal buka selotipnya, jadi deeeh… Bagian yang tertutup selotip masih memperlihatkan pola kayu natural sebagai background nya. Sukaaa sekali..

Wall art berikutnya jauh lebih mudah. Selain menggunakan kayu di atas, saya juga menggunakan media foam board bekas dan 2 lembar kain batik nganggur. Foam board ini saya lapis dengan kain batik yang sudah dipotong dan direkatkan di belakangnya dengan staple gun. Ada 2 warna batik, yang satu kuning keemasan, yang satu coklat tua. Pas sama warna tema dapurnya. Jadi deh 2 lagi. So, udah 6 totalnya sama yang di atas.

photogrid_1466831611725-1_wm.jpg

Tinggal dipasang. Wall art sederhana dan gampang bikinnya, bisa buat dandanin dapur atau ruangan lain di rumah.

Nyusun konfigurasinya dulu di lantai sampai sreg
             Nyusun konfigurasinya dulu di lantai sampai sreg
Setelah dipasang. horeee..
                               Setelah dipasang. horeee..

img_20160410_123851_1466850594270_wm.jpg


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s