Cara Enak Makan Kurma

Sebiji kurma, panjang ceritanya buat saya. Walaupun kurma itu buah yang manis, tapi gak semua orang suka sama rasanya, termasuk saya. Dari dulu gak bisa banget suka makan kurma. Padahal sudah berusaha menyukainya, selain karena kurma kandungan gizinya sangat bagus, memakannya saat berbuka puasa dan sahur pun adalah sunnah. At least, meski gak suka rasanya tapi berusaha menyukainya karena ini ada sunnahnya.

Tapi tetap saja, waktu memakan kurma adalah jadi hal eneg buat saya😥 karena gak suka sama manisnya…eneg. Kalo yang lain bisa makan 3 atau 5, saya makan 1 aja udah cukup deh, gak minta nambah. Haha…

Anyway, jadi ceritanya di suatu maghrib saat berbuka puasa bersama, tuan rumah menghidangkan kurma dan sebuah piring ceper kecil isinya something warna coklat muda… Saya gak tau itu apa, tapi tuan rumah bilang, “Ini nanti untuk makan kurma.” As simple as that. Gak pengen nanya sih, soalnya gak minat kurma. I’d try, maybe.

Okay. Setelah masuk waktu berbuka, ambil kurma 1, trus nyobain isi piring tadi. Dicocol aja. Hmmm, ternyata semacam peanut spread. Tapi yang ini teksturnya creamy, jadi gak terlalu kental kayak selai kacang kebanyakan. Bedanya, si creamy peanut spread ini kalo disendokin pasti netes, sedangkan kalo selai kacang biasa disendokin gak bakal jatoh atau tumpah. Daaaan ternyata, enaaaak banget! Rasa manis kurma yang eneg itu langsung hilang dikombinasi dengan rasa kacang yang gurih, malah jadi klop rasanya. Enak enak enakkk…and that was for the first time I enjoyed eating dates. Kalo gak salah, saat itu saya langsung makan 5 kurma, haha… Oiya, udah pernah juga nyobain kurma isi kacang mede (itu lho yang biji kurmanya udah dikeluarin trus diganti sama kacang), tapi tetep gak suka sama kurma ini. Masih berasa banget manis khas nya kurma. Kacangnya gak ngelawan. Tapi, makan dengan cara selai ini, beda banget. Rasanya jadi enak.

Dan di suatu sore, suami beli selai kacang. Kirain nanti mau buat makan sama roti. Ternyata, sama dia ditambahin air sedikit trus diblender supaya lebih encer dan halus. Dia juga suka rupanya dan mencoba modif dari selai kacang. Enak juga kok, mirip rasanya. Atau ada juga yang jual selai kacang yang encer begini (nemu browsing), tekstur sih memang jauh lebih halus, tapi rasa sama aja, gak lebih enak dari yang pertama saya coba tadi, padahal mahal -_- Malah saya sukaan yang diencerin dari selai kacang biasa. Shofi sama Sarah juga suka makan kurma pake selai kacang ini. Bisa makan beberapa kurma. Padahal biasanya juga gak suka, apalagi Sarah. Dikasi kurma pasti dilepeh. Sekarang udah dapat deh cara enak makan kurma. Give it a try! Enak.

img_20160703_181750_wm.jpg


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s