Malam Idul Adha

Hampir pukul 1 dinihari. Saya menahan kantuk. Perut sudah mulai gak enak. Berasa nyeri seperti efek begadang, mulai masuk angin, mungkin. Duduk di sudut salah satu bilik IGD, menunggui seseorang terbaring di kasur. Saya pandangi dia, pucat, menggigil, berselimut, dan mengenakan 2 jaket tebal sekaligus untuk menahan dingin yang dirasa, meskipun dia sebenarnya demam. Masih observasi kurang lebih 1 jam.

Mendadak saya teringat pada kejadian serupa 5 tahun yang lalu, persis seperti malam ini juga, malam Idul Adha. Saya juga berada di RS. Tapi, saya sendiri yang terbaring di kasur, di ruang bersalin tepatnya. Setelah perjuangan yang panjang, pukul 1 dinihari saya berhasil melahirkan Shofi. Masih teringat jelas oleh saya ruangan itu sangat dingin. Setelah bayi dibawa untuk dibersihkan, saya terbaring lelah sekali, sakit, mengantuk, dan sangat menggigil. Ditambah kasur bersalin yang masih basah dengan sisa-sisa proses melahirkan tadi. I terribly felt cold. Suster sama sekali tidak memberi selimut meskipun saya sudah sangat gemetar dan dapat merasakan gigi-gigi saling beradu gemeretak. Tapi, saya tidak sanggup meminta apa-apa, masih sangat sakit dan lemah setelah lahiran. I cried.

Berselang sekitar 1 atau 2 jam kemudian, saya dipindah ke ruang perawatan. Suami saya entah tidur di mana, saya tidak menemukannya di kamar. Saya butuh bangun dan ke kamar mandi. Entah mengapa perut ini kontraksi berat sekali dan harus bolak balik ke kamar mandi. Menjelang sholat Ied, dia datang dan bilang akan sholat dan istirahat sebentar, nanti akan ada mama mertua yang akan menggantikan di sana. Menjelang beliau datang kira-kira pukul 10 atau 11 siang saya lupa, sungguh menunggu kali ini terasa berat, seakan-akan waktu berjalan sangat lambat. Saya merasa sakit, sendirian…dan sedih. I cried, again.

And tonight, sitting and waiting here, when all of a sudden the things recall…I feel sad.


Leave a Reply

