Dekor Dapur (lagi); Yellow Striped Painted Wall

Kadang-kadang kebosanan bisa diusir dengan kesukaan kita. Begitu juga bete dan kesedihan, harus diimbangi dengan sesuatu yang menyenangkan hati. Kalo kata inspirational quote sih, do more of what makes you happy. Bener emang.

Salah satu obat manjur buat saya di kala mood jelek adalah minum susu coklat dingin atau makan eskrim atau makan coklat, trus duduk menyendiri di pojokan. Enaaak banget rasanya…bisa menguap sedikit lah mumetnya. Atau sekedar menyibukkan diri dengan melakukan hobi juga sangat menyenangkan.

Oke, jadi biar nyambung sama judul, bukan maksudnya hobi saya ngecat ya. Haha. Tapi, do some upgrades di rumah lah yang jadi kesukaan saya. Dan kemaren terpikir untuk ngecat dapur biar gak terlalu plain. Akhirnya mutusin mau ngecat sisi kanan dapur dengan vertical stripes lebar, kayanya bagus, hmm.. Sebenarnya pengen pake warna hitam, jadi nanti hitam putih gitu (karena dinding aslinya warna putih). Tapi, suami gak setuju, suram ntar katanya. Hiks. Lagipula, gak punya cat hitam, harus beli dulu kalo mau (malas juga sih keluar duid pakenya cuma sedikit, haha). Padahal garis hitam putih itu veeery cool, menurut saya. Tapi, yasudah lah, akhirnya pake warna kuning, kebetulan masih ada sisa cat.

img_20160306_165728_wm.jpg

A little bit boring, ya kan..

Persiapannya, 2 tahap; ngegaris tembok dan ngecat itu sendiri. Yang menghabiskan waktu cukup lama adalah menggaris tembok dan masang masking tape. Dan saya gak punya penggaris yang lebih panjang di rumah selain penggaris 15cm -__- Kebayang lamanya bekerja dengan penggaris sependek itu, udah bikin saya capek duluan. Akhirnya saya pake cara feeling, cara paling ampuh kalo lagi mentok. Karena lebar stripe adalah 15cm, jadi caranya dari dinding paling ujung atas (saya mulai dari sisi kanan), tarik 15cm ke arah kiri, beri tanda titik dengan jelas. Lalu beri jarak ke bawahnya sekitar 30cm atau 40cm (yang paling enak menurut sendiri-sendiri), ulangi lagi memberi titik 15cm ke kiri. Tanpa garis menggaris, langsung hubungkan kedua titik tadi dengan masking tape. Lalu, beri jarak lagi ke bawahnya 40cm, dan tandai titik 15cm ke kiri, hubungkan lagi tape nya. Lakukan terus cara ini sampai dapat 1 garis lurus dari dinding atas sampai ke bawah. Begitu juga, untuk garis-garis berikutnya hingga selesai 1 dinding. Banyak banget. Tapi cara ini lebih menghemat waktu, karena saya berarti skip penggarisan manual. Kebayang kan lamanya ngegaris dulu satu-satu, trus baru masang selotip lagi satu-satu…hhhhh… Dan selotip harus dipasang di sisi stripe yang akan berwarna putih, bukan yang kuning, supaya ketika ngecat si kuning kena cat penuh 15cm (karena kalo terhalang selotip, setelah dibuka bisa kurang dari 15cm, kecuali memang mau bikin stripes yang beda ukuran).

yellow-striped-painted-walls.jpg

Untuk mengecat garis lurus dengan rapi, ada caranya. Sapukan kuas cat dari arah luar selotip ke dalam secara horizontal, begitu seterusnya setiap bagian pinggiran selotip. Dengan begini, hasil akhir garis jadi bersih, neat and perfect line. Lain hal nya kalo bagian pinggir selotip di cat dengan sapuan vertikal (atas bawah), cat merembes ke bagian bawah selotip, meskipun selotipnya sudah sangat rekat tetap bisa rembes. Hasilnya? Gak rapi.

img_20160311_161244_hdr_1474203281052_1474346609091_wm.jpg

Arah cat dari luar selotip ke dalam

cara-mengecat-garis-lurus.jpg

Perbedaan hasil akhir garis di sisi selotip yang telah dibuka. KIRI : di cat dengan sapuan horizontal luar ke dalam, hasil garis rapi. KANAN : di cat vertikal atas bawah, terlihat rembesan cat sehingga tidak rapi.

Well, setelah selesai hasilnya lumayan, suasana jadi beda dan baru. Walaupun ada trial bagian pinggir yang agak rembes waktu masih salah caranya. Tapi gak banyak sih, kalo diperhatikan dengan seksama, baru keliatan. Yang jelas, I was having fun and excited doing this🙂

img_20160306_165715_wm.jpg

Sebelum

img_20160911_134703_1473609659645_wm.jpg

Sesudah

Sesudah

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s